Berbudi, Berbudaya & Madani

Oct 19, 2012

Review Buku Anak Singkong

Pada awalnya saya tak begitu mengenal sosok Chairul tanjung. Namun setelah di media khususnya Trans Corp mengiklankan sebuah buku biografi CT, saya tertarik membelinya.Setelah membaca bukunya saya mengagumi & salut akan mental kerja keras beliau. Chairul Tanjung Si Anak Singkong yang disusun oleh wartawan kompas senior Tjahja Gunawan Diredja itulah bukunya.

Chairul Tanjung sejak kecil didik untuk menjadi seorang yang mandiri & Disiplin. SD hingga SMP dia bersekolah di sekolah Van Lith yang terkenal kedisiplinannya dan kemewahanya. 

Ketika ia akan memasuki bangu SMA sang ayah kehilangan mata pencahariannya karena bertentangan dengan rezim waktu itu. Akhirnya kehidupan CT yang sebelumnya berkecukupan, menjadi sederhana. Alhasil ia kemudian melanjutkan bersekolah di SMA Negeri Boedi Oetomo Jakarta. Meski demikian CT menjadi sosok yang tegar dan semakin mandiri.

Setelah menempuh SMA, ia melanjutkan studinya ke Fakultas kedokteran UI Jurusan Kedokteran Gigi. Disana ia sangat senang pada awalnya, hingga pada suatu ketika ibunya bercerita bahwa uang daftar ulang CT berasal dari mengadaikan selendang. Ibunya berpesan bersungguh-sunguhlah dalam menempuh kuliah karena ibunya tak mempunyai biaya yang memadai.

Sejak saat itu, CT menjadi lemas dan galau. Namun itu tak berlangsung lama. CT bertekad ia akan berkuliah dengan sungguh-sungguh dan mendapatkan penghasilan sendiri. Ia melihat berbagai peluang usaha di kampusnya, mulai dari bisnis foto copy'an hingga menjual alat-alat praktek kedokteran gigi. Tak hanya berusaha di kampus, tapi ia juga ekspansi ke luar kampus guna mengembangkan usahanya.

Meski sebagai mahasiswa CT tak kerepotan dengan kegiatan-kegiatannya sebagai pengusaha dan aktivis kampus. Terbukti ia menjadi salah satu lulusan terbaik di Kampusnya. Dan sukses menjalankan usaha-usahanya.

Usaha-demi usaha digelutinya, dari usaha pembuatan sandal  hingga mendirikan Bank. Namun semua itu tak luput dari berbagai cobaan. Berkat kegigihanya ia mampu mengembangkan usahanya dengan baik dan menjadi pengusaha sukses di INDONESIA.

Bagimana kisah SD hingga SMA serta pengalaman Organisasinya? Bagaimana kisah CT memulai usaha pertamanya? Bagaimana cara bangkit dari cobaan yang dihadapi CT?  bagaimana kisah CT menjadi pengusaha sukses?  Silahkan baca bukunya untuk kisah selengkapnya,.. :D

Kesimpulannya :

Buku ini menarik unuk dibaca sebagai motivasi jika ingin menjadi seorang sukses. Kisah-kisah yang disajikan mudah dicerna pembaca. Ada suatu kutipan yang saya sukai yaitu "kesempatan tak hanya selalu ditunggu, akan tetapi pertu untuk diciptakan". Dari itu saya bisa menangkap dalam menjalani kehidupan janganlah hanya menunggu kesempatan saja, lakukanlah suatu tindakan. Jangan hanya bermimpi saja, tapi lakukanlah usaha guna mencapai mimpi itu. Sesuatu yang dikerjakan dengan sungguh-sungguh akan membuahkan hasil yang memuaskan.

Terimakasih :D
Share:

0 komentar:

Post a Comment

TerEdukasi.com. Powered by Blogger.